Breaking News

Unity Variabel Manager Tutorial #01 - String, Score & Timer



Coding Labs - Ada banyak jenis variabel yang dikenal oleh Unity. Selain beberapa variabel dasar seperti string, integer, float dan boolean, Unity juga mengenal beberapa jenis variabel khusus game yang merupakan class utama Unity. Pada tutorial ini, kita akan menggunakan Zetcil Framework untuk mengelola variabel String, Score dan Timer.

Buat aplikasi baru dengan Unity.


Import Variabel Model


Import Canvas View


Variabel String

Tambahkan VarString pada Hierarchy


Isikan CurrentValue dengan "Hello World"


Klik Play untuk menjalankan game. Ada Hello World nya? YA GA BAKALAN ADA ATUH!


Karena langkah barusan hanya MEMBUAT variabel, dan bukan MENAMPILKANNYA. Agar bisa tampil di layar, tambahkan Canvas


Kira-kira seperti ini


Tambahkan UIText.View masukan ke Canvas


Paku di pojok kiri agar nggak kemana-mana


 Atur bentuk dan ukuran font


Klik Play untuk menjalankan game. Ada Hello World nya? YA GA BAKALAN ADA ATUH!



Langkah tadi baru MENYIAPKAN teks untuk menampilkan tulisan. Teks ini belum DIHUBUNGKAN dengan variabelnya. Jadi ya ga bakalan tampil. Pilih jenis variabel yang akan ditampilkan, misal Var String.


Masukan Variabel String ke dalamnya


Klik Play! Nah, gini baru bener!


Variabel Score

Pada bagian ini, kita akan coba menampilkan Score. Jadi hapus VarString dan tambahkan VarScore pada Hierarchy


Ganti tipenya jadi Score Var


Kasih Prefix misal: Score Anda:


Klik Play dan lihat hasilnya.


Jika anda nilai Current Value pada VarScore maka secara otomatis, nilainya akan bertambah juga


Variabel Time

Pada bagian ini, kita akan coba menampilkan Time. Jadi hapus VarScore dan tambahkan VarTime pada Hierarchy.


Atur nilainya, misal 90 dan set Decrement (hitung mundur)


Atur pula jenis Variabelnya menjadi VarTime


Dan pasangkan VarTime


Klik Play dan lihatlah apa yang terjadi. Waktunya sudah hitung mundur kan?


Next, ganti format waktunya menjadi MMSS. Fungsinya buat apa?


Silahkan klik Play dan cari perbedaannya. Ketemu?



No comments