Unity Speech Recognition Tutorial #01 - Hello World




Coding Labs - Berikut ini adalah tutorial dasar untuk melakukan integrasi Windows Speech Engine dengan Unity. Secara singkat, tutorial ini akan mencoba memanfaatkan algoritma Windows dalam menangkap suara dan menerjemahkannya ke dalam teks. Teks tersebut akan diubah menjadi suatu perintah untuk memodifikasi/berinteraksi dengan GameObject Unity.

Pada tutorial kali ini kita akan fokus pada dasar-dasar pendefinisian suara (keyword) dan tahap pendeteksiannya.


Buat aplikasi baru dengan Unity



Import Zetcil Variabel Model


Import Zetcil Dialog View


Import Zetcil Speech Controller (Ini dia rahasianya)


Pasang prefab SpeechController


Centang isEnabled


Karena SpeechController butuh VarString, jadi pasang dulu prefab VarString


Habis itu pasang VarString ke SpeechController


Pada atribut Keywords, buat Size = 2 dan masukan 2 kata On, Off. Kedua kata ini bisa dianggap sebagai kata yang akan dikenali oleh engine.


Selanjutnya tambahkan UIText.View


Masukan kalimat penjelas,misal: "Kata yang terdeteksi"


UIText butuh VarString jadi pasang juga deh VarString nya


Ada yang lupa! Prefab UIText harus dipasang sebagai child dari Canvas. Jadi buat dulu Canvas


Pasang UIText sebagai child dan atur posisinya


Paku UITextnya di pojok kiri biar nggak kemana-mana


Klik Play dan cobalah berkata "On" atau "Off" pada microphone Laptop/PC


Jika microphone berfungsi dan anda lulus mata kuliah bahasa inggris, harusnya SpeechController akan mengenali kata yang anda ucapkan


Tapi kalau anda ngulang mata kuliah bahasa inggris, berarti masalahnya ada di anda, bukan di engine nya


Kalau anda memang cupu dalam bahasa inggris, tenang, engine ini juga bisa mendeteksi bahasa lain, misalnya bahasa Indonesia


Jika anda ganti katanya dengan "Nyala" dan "Mati" masih bisa kedetek kok


Seriusan.


Sip! Karena Speech Engine sudah terbukti mampu mengenali suara, maka langkah selanjutnya adalah menentukan "Event apa" yang akan dilakukan jika suaranya terdeteksi. Centang parameter Using Event Settings dan tambahkan Size = 2


Untuk event pertama, pada pendeteksian kata "Nyala" kita akan buat Directional Light Active


Sebaliknya, untuk event kedua, pada pendeteksian kata "Mati" kita akan buat Directional Light Non-Active. Paham sampai sini?


Jadi jika anda Play, kemudian anda teriak "Mati" pada laptop, maka Directional Light secara otomatis akan disabled


Begitu pula sebaliknya. Mulai dari sini, kita akan bisa membuat beragam game dengan suara sebagai inputnya. Mantap temans!


Catatan: Tidak! Bagi anda yang berpikir bisakah script ini digunakan untuk aplikasi Android, saya tegaskan tidak! Karena script ini menggunakan SpeechEngine Windows sehingga hanya bisa digunakan untuk aplikasi berbasis Windows. Untuk aplikasi berbasis Android enginenya beda lagi dan nggak gratis. Nanti kalau ketemu yang gratis, saya kasih tahu, hehehe. 
Share on Google Plus

About TechnomediaLabs

TechnomediaLabs adalah media online yang menawarkan beragam konten menarik seputar teknologi multimedia, industri kreatif, konsep transmedia, beragam tutorial pemrograman, dan pengetahuan lain yang dikemas dalam bahasa yang ringan, santai, dan inspiratif.

0 Comments:

Post a comment