Breaking News

Player Controller Tutorial #1 - Model & Animation


Berikut ini adalah tutorial untuk melakukan pergerakan karakter 3D menggunakan Player Controller dan Camera View. Untuk kebutuhan tutorial ini, sangat direkomendasikan bagi anda untuk membuat terlebih dahulu karakter yang akan digunakan dan animasinya.

Untuk keperluan tutorial kali ini, download terlebih dahulu karakter Naruto/Sasuke/Kakashi yang disediakan oleh Game Asssets Online.


Isi dari file yang didownload adalah file bertipe OBJ dan Texture




Selanjutnya buka web Mixamo.com. Website adalah website yang mampu mempermudah proses rigging dan animasi


Klik tombol Upload Character


Lalu masukan karakter Naruto (file .OBJ)


Jika tidak ada kesalahan maka tampilannya akan terlihat seperti ini


Klik 8 titik rigging sesuai pada contoh gambar. Yang pertama adalah DAGU


Yang kedua & ketiga adalah PERGELANGAN TANGAN


Yang keempat & kelima adalah SIKU


Yang keenam & ketujuh adalah SIKU


Dan.. yah gitulah.


Klik Next dan tunggu beberapa saat sampai proses auto rigging selesai


Jika tidak ada kesalahan, maka hasilnya adalah sebagai berikut


Pilih animasi yang anda butuhkan (IDLE)


Selanjutnya download dalam format FBX



Lakukan hal yang sama untuk animasi WALK


Lakukan hal yang sama untuk animasi ATTACK


Lakukan hal yang sama untuk animasi DEATH


Setelah proses pembuatan animasi berhasil, buka Unity


Buat folder baru dengan klik pada tombol Create


Misal, buat folder Naruto


Drag seluruh file yang didownload ke sana


Selanjutnya, Import Package Zetcil VARIABLE MODEL (Package inti Zetcil Framework yang harus diimport terlebih dahulu)


Selanjutnya, Import Package Zetcil CAMERA VIEW (Package untuk mengendalikan berbagai jenis mekanik kamera dalam game)


Selanjutnya, Import Package Zetcil PLAYER CONTROLLER (Package untuk mengendalikan berbagai jenis mekanik karakter dalam game)


Selanjutnya, Import Package Zetcil XTRAS BREADCRUMB (Package untuk mengendalikan karakter AI dalam game)




No comments