Unity Simple Tutorial #06 - Collision & Score


Coding Labs - Tutorial ini akan menjelaskan tentang pembuatan score menggunakan Variable Model & Unity Controller Package. Sangat disarankan bagi anda untuk memahami postingan sebelumnya.


Import terlebih dahulu Variable Model.



Variable Model memiliki beberapa prefab, pilih VarScore.


Masukan VarScore ke dalam hierarchy


Centang pilihan is Enabled


Tambahkan sebuah Capsule melalui menu GameObject


Atur posisinya berada di depan Cube


Pilih objek Capsule dan tambahkan script GameObject Trigger Event


Dan tambahkan komponen Rigidbody


Hapus centang Use Gravity dari komponen Rigidbody


Pasang parameter Capsule (Rigidbody) drag-drop saja


Pilih GameObject Target Tag = Bullet (Ini akan menjadi Tag untuk buletnya)


Kemudian tambahan event di Trigger Event (klik +)


Masukan objek Capsule dan pilih GameObject SetActive (bool)


Kira-kira konfigurasinya seperti ini


Selanjutnya kita akan setting pelurunya (Sphere)


Klik Sphere dan pilih tag = Bullet (Jika belum ada Tag Bullet buat terlebih dahulu)


Anda bisa membuat Tag dengan melakukan klik Add Tag


Selanjutnya adalah tambahkan satu event lagi pada Capsule


Lalu masukan VarScore


Pilih fungsi AddToCurrentValue


Masukan nilai = 1


Pastikan VarScore Current Value = 0


Klik PLAY dan coba tes penembakan pada Capsule. Jika score bertambah berarti anda sudah Berhasil! Berhasil! Hore!


Share on Google Plus

About TechnomediaLabs

TechnomediaLabs adalah media online yang menawarkan beragam konten menarik seputar teknologi multimedia, industri kreatif, konsep transmedia, beragam tutorial pemrograman, dan pengetahuan lain yang dikemas dalam bahasa yang ringan, santai, dan inspiratif.

0 Comments:

Post a comment